Bupati Ajak Manfaatkan Halaman Pekarangan

Bupati Ajak Manfaatkan Halaman Pekarangan

KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ben Brahim  Bahat kembali mengajak masyarakat Kapuas untuk bersama-sama memelihara lingkungan dan memanfaatkan halaman rumah sebagai sumber pangan dan kesehatan. Ajakan orang nomor satu di Kapuas itu terlontar usai menghadiri puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 Tingkat Nasional Tahun 2019 akhir pekan lalu di Kota Padang Sumatera Barat.

“Saya bangga dengan masyarakat Desa Sido Mulyo Kecamatan Tamban Catur karena mampu meraih penghargaan Pakarti Madya II Tingkat Nasional. Mereka bersinergi dan bersama TP PKK Desa, Kecamatan dan Kabupaten Kapuas dalam pemanfaatan pekarangan rumahnya guna mencukupi gizi keluarga maupun peningkatan taraf kehidupan yang lebih baik” ucap Ben Brahim.

Mantan Kadis PU Provinsi Kalimantan Tengah sebagaimana dirilis Plt.Kadis Kominfo Kabupaten Kapuas Suwarno Muriyat Senin (5/8) siang menambahkan melalui Gerakan Hatinya PKK (Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman) bersama Tim Penggerak PKK ia mengajak masyarakat Kapuas untuk mencontoh Desa Sido Mulyo.

“Mereka di Desa Sido Mulyo telah memanfaatkan halaman rumahnya untuk menanam tanaman yang berkhasiat sebagai obat maupun bumbu masak diantaranya jahe, kencur, temulawak, lengkuas, sayur mayur, lombok, tomat dan masih banyak lagi serta kolam ikan dan beternak. Tak ketinggalan tanaman buah mangga, jeruk, rambutan, durian dan pisang serta aneka bunga makin perindah dan asrinya tempat tinggal baik yang ditanam secara langsung ditanah maupun menggunakan media pot” urai suami dari Ary Egahni.

Terkait gotong royong yang dilakukan hampir seluruh komponen masyarakat Kapuas dalam rangka menyongsong kedatangan Tim Penilai Adipura, Ben Brahim mengapresiasi tinggi atas kesadaran masyarakat Kapuas dalam membersihkan dan menata lingkungan tempat tinggalnya.

“Mari kita bentuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari melalui pemanfaatan halaman rumah dengan menanam berbagai tanaman sebagai penghasil gizi keluarga, penghasil udara segar maupun membuang sampah pada waktu dan tempat yang telah ditentukan serta memperindah  lingkungan agar Kota Kuala Kapuas yang memiliki semboyan Kota AIR agar semakin Aman, Indah dan Ramah” pungkasnya (hmskmf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *