Desa Bungai Jaya dengan Segudang Prestasi dan Kuliner

Desa Bungai Jaya dengan Segudang Prestasi dan Kuliner

KUALA KAPUAS – Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang merupakan desa yang memiliki potensi yang cukup besar dan patut untuk diacungi jempol. Dari potensi tersebut banyak prestasi yang diraih oleh Desa Bungai Jaya diantaranya Juara VI Desa Pangan Aman Tahun 2018, Desa Terbaik se Indonesia dari 14 Desa Versi BPKP Tahun 2016 dan Juara I Lomba KB-Kes Gerak PKK se Kalteng.

Visi Desa Bungai Jaya yaitu “Terwujudnya Desa Bungai Jaya Yang Aman, Produktif dan Maju Di Bidang Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Usaha Kecil Menengah dengan Infrastruktur Desa Yang Baik Sehingga Tercipta Masyarakat Yang Adil, Sejahtera dan Agamis”.

Kepala Desa  Bungai Jaya, Kadiman menerangkan adapun potensi yang dimiliki oleh desa yang memiliki 6 RT tersebut salah satunya Produksi Nenas Olahan yang sudah dipasarkan ke Banjarmasin, Palangka Raya, Kuala Kapuas dan rata-rata mengirimkan produksi sebanyak kurang lebih 1,5 ton/Hari.

Selain itu, melalui produksi Nenas (pengolahan nenas madu menjadi sirup, selai, keripik, dan lainnya) menghantarkan desa yang memiliki luas wilayah sebesar 555 Ha itu menjadi salah satu peserta pameran di Malaysia Expo tahun lalu.

Potensi lainnya dari desa ini adalah produk peternakan yang terdiri dari ternak ayam ras dan ayam kampong yang dikirim ke Kuala Kapuas, Palangka Raya, Pulang Pisau dan Banjarmasin sebanyak 2 ton/hari dari 8 peternak.

Lebih lanjut, terdapat pula produksi sayur segar yang dipasarkan di Pasar Induk Kuala Kapuas dan Palangka Raya, rata-rata sehari kurang lebih 2 ton dan Produk Kerajinan (Home Industry) seperti tikar purun rata-rata 800 lembar/bulan yang dipasarkan di Banjarmasin dan Pulang Pisau, serta adapula gorengan dan kue dengan omset rata-rata perhari Rp1 juta rupiah sampai dengan Rp2 juta.

Terkait dengan hal itu, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas Dr. H. Suwarno Muriyat, S.Ag, M.Pd mengatakan melalui aplikasi yang ada pada Dinas Kominfo akan mempromosilan produk unggulan Desa Bungai Jaya. “Menyusul seperti yang dilakukan tahun lalu dimana pembudi daya Madu Kelulut di Sei Asam kami lakukan promosi sehingga tumbuh berkembang baik jumlah pembudi daya maupun penghasilan. Tidak menutup kemungkinan desa lainnya yang ada di Kabupaten Kapuas yang memiliki potensi akan kami promosikan,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *